PENGERTIAN EPIDEMOLOGI





1.      Menurut Mac Mahon dan Pugh, epidemiologi dapat didefenisiskan sebagai cabang ilmu yang mempelajari  penyakit dan faktor-faktor yang menentukan terjadinya penyakit pada  manusia
3.      Greenwood (1934)
Mengatakan bahwa Epidemiologi mempelajari tentang penyakit dan segala macam kejadian yang mengenai kelompok ( herd ) penduduk.Kelebihannya adalah adanya penekanan pada Kelompok Penduduk yang mengarah kepada Distribusi suatu penyakit
4.      Brian Mac Mahon ( 1970 )
Epidemiology is the study of the distribution and determinants of disease frequency in man. Epidemiologi adalah Studi tentang penyebaran dan penyebab frekwensi penyakit pada manusia dan mengapa terjadi distribusi semacam itu. Di sini sudah mulai menentukan Distribusi Penyakit dan mencari Penyebab terjadinya Distribusi dari suatu penyakit.
5.    Wade Hampton Frost ( 1972 )Mendefinisikan Epidemiologi sebagai Suatu pengetahuan tentang fenomena massal      ( Mass Phenomen ) penyakit infeksi atau sebagai riwayat alamiah ( Natural History ) penyakit menular.Di sini tampak bahwa pada waktu itu perhatian epidemiologi hanya ditujukan kepada masalah penyakit infeksi yang terjadi/mengenai masyarakat/massa.
6.      Anders Ahlbom & Staffan Norel ( 1989 )
Epidemiologi adalah Ilmu Pengetahuan mengenai terjadinya penyakit pada populasi manusia.    
7.      Gary D. Friedman ( 1974 )
                      Epidemiology is the study of disease occurance in human populations.
8.      Barbara Valanis
Epidemiology is term derived from the greek languang ( epid = upon ; demos = people logos = science ).
9.      Last ( 1988 )
Epidemiology is study of the distribution and determinants of health – related states orevents in specified population and the application of this study to control of problems.
10.  Elizabeth Barrett
Epidemiology is study of the distribution and causes of diseases.
11.  Hirsch ( 1883 )
Epidemiologi adalah suatu gambaran kejadian, penyebaran dari jenis – jenis penyakit.
12.  Judith S. Mausner ; Anita K. Bahn
Epidemiology is concerned with the extend and types of illness and injuries in groups of people and with the factors which influence their distribution.
13.  Robert H. Fletcher ( 1991 )
Epidemiologi adalah disiplin riset yang membahas tentang distribusi dan determinan penyakit dalam populasi.
14.  Lewis H. Rohf ; Beatrice J. Selwyn
Epidemiology is the description and explanation of the differences in accurence of events of medical concern in subgroup of population, where the population has been subdivided according to some characteristic believed to influence of the event.
15.  Lilienfeld ( 1977 )
Epidemiologi adalah suatu metode pemikiran tentang penyakit yang berkaitan dengan penilaian biologis dan berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.
16.  Moris ( 1964 )
Epidemiologi adalah suatu pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu   penduduk
17.  Fox/Hall/Elreback
Suatu pengetahuan tentang factor yang menentukan terjadinya suatu penyakit   populasi
18.WHO (Regional committee Nacting ke 42 di Bandung) : Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan dari peristiwa kesehatan dan peristiwa lainnya yang berhubungan dengan kesehatan yang menimpa sekelompok masyarakat dan menerapkan ilmu tersebut untuk memecahkan masalah-masalah tersebut.

Kesimpulan:
Epidemologi merupakan salah satu bagian dari pengetahuan Ilmu Kesehatan Masyarakat(Public Health) yang menekankan perhatiannya terhadap keberadaan penyakit dan masalah kesehatan lainnya dalam masyarakat. Keberadaan penyakit masyarakat itu didekati oleh epidemiologi secara kuantitatif. Karena itu, epidemiologi akan mewujudkan dirinya sebagai suatu metode pendekatan banyak memberikan perlakuan kuantitatif dalam menjelaskan masalah kesehatan.



Referensi:
              1.Budiarto, Eko.2003. Pengantar Epidemiologi.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran            EGC
              2.Bustan MN ( 2002 ). Pengantar Epidemiologi, Jakarta, Rineka CiptaPengantar
              3.Keperawatan Komunitas , Oleh Wahit Iqbal Mubarak,SKM, penerbit Sagung Seto







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Advokasi Kebijakan

manejemen logistik dirumah sakit

Dampak Pencemaran Udara